Berbagi cara adalah situs tentang cara membuat suatu akun atau teknik penggunaanya.

Cara Upload Aplikasi Ke Android Market

Setelah ktia selesai membuat aplikasi android dan juga setelah selesai memasangkan iklan admob pada aplikasi android buatan ktia tersebut, tentunya kita ingin mempublikasikan atau mengunggah aplikasi buatan kita ke internet sehingga jua bisa dinikmati oleh orang lain, bukan hanya kita pemakainya. Android market jika diterjemahkan berarti pasar android.

Nah kita bisa mengunduh berbagai aplikasi yang kita perlukan lewat android market ini. Pertanyaanya adalah apakah kita bisa mengupload aplikasi buatan kita ke android market? jawabanya adalah bisa, bagi anda yang penasaran tentang bagaimana cara melakukanya berikut di bawah ini sudah saya bahas secara tuntas

Cara Upload Aplikasi Ke Android Market


Melakukan Pendaftaran
Untuk bisa mengupload aplikasi buatan kita ke android market tentunya kita harus melakukan pendaftaran dulu sehingga kita akan memiliki akun untuk mengupload aplikasi-aplikasi buatan kita tersebut. syaratnya cukup mudah yang paling sulit adalah kita harus membayar biaya pendaftaran sebesar 25$ untuk bisa mendapatkan akun tersebut seumur hidup. pembayaranya menggunakan kartu kredit, jika anda tidak punya anda bisa meminjam ke kerabat atau teman.

Mulai Mengupload File APK
Setelah kita memiliki akun untuk mengupload file apk buatan kita nah kini saatnya kita melakukan proses pengupload an file tersebut. bagaimana cara melakukanya?


  • Pertama anda pergi dulu ke https://market.android.com/publish/Home
  • Kemudian anda pilih upload application maka anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran aplikasi
  • Nah anda upload dulu file apk buatan anda yang ingin anda upload ke android market. Selain mengupload file apk ada hal lainya yang harus dipenuhi yaitu
  • Screenshoot aplikasi buatan kita, anda harus menyediakan minimal 2 buah screenshoot tampilan dari aplikasi buatan kita, tanpa border dan juga dul bleed.
  • Anda juga harus menyediakan icon yang HD. Minimal ikon berukuran 512 piksel persegi dengan fle tipe PNG atau JPEG tapi maksimal ukuran hanya 1 mb.
  • Anda juga harus menyediakan Promotional Graphic. Ini hanya sebuah opsional anda bisa menyediakan gambar dengan resolusi 180 X 12 piksel tanpa border dan juga full bleed. Grafik ini nantinya akan ditampilkan pada android market pada masing-masing device.
  • Anda harus menyiapkan Feature Graphic dimana fitur grafik ini akan digunakan oleh Header dari aplikasi buatan anda di android market. Ukuran yang harus disediakan adalah 1024 Piksel X 500 piksel.
  • anda jgua bisa menyiapkan video promosi untuk aplikasi anda. Anda harus mengupload video promosi tersebut di youtube untuk nantinya diletakan pada
  • Anda juga harus menjelaskan seputar aplikasi anda menggunakan kata-kata, misalnya nama aplikasi, deskripsi aplikasi dan juga perubahan update aplikasi, kategori aplikasi dan lain-lain.
  • langkah terakhir adalah dengan menambahkan informasi kontak anda, misalnya website, alamat email dan juga nomor handphone yang dapat dihubungi. Setelah itu anda klik publish selesai deh.
Android market atau play store membutuhkan dana untuk mendaftarnya namun jika anda pemain Admob dan mahir membuat aplikasi harga sebesar itu tidak menjadi kendala karena hasil yang didapat akan jauh lebih besar dari itu.

Nah bagaymana jika kita newbe membuat aplikasi saja hanya sebatas menggunakan layanan gratis atau tanpa coding kan sayang uang sebanyak itu dan belum tentu walaupun punya akun Admob bisa kembali lagi uangnya, tapi jangan berkecil hati masih banyak ko yang memberi akun gratisan untuk upload file apk kita dan di download orang lain pengguna android, contohnya mobango & 4shared situs besar yang menyediakan akun gratis untuk kita mengupload apk kita.

Itulah Tips cara dari saya, silahkan dicoba
sertakan komentar jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Upload Aplikasi Ke Android Market

0 comments:

Post a Comment