Berbagi cara adalah situs tentang cara membuat suatu akun atau teknik penggunaanya.

Cara Mengganti Domain Blog Dengan Domain TLD

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk situs di internet, contoh dari domain adalah antonwahyu.ga itu adalah nama domian. Nah nama domain tidak boleh sama, artinya harus unik, jadi antonwahyu.ga tadi hanya ada satu dan hanya Cuma dimilki oleh satu orang. Saat kita menggunakan platform blogger kita akan mendapatkan subdomain dari blogger berupa .blogspot.com seperti blog saya ini, blog ini masih menggunakan subdomain dari blogger.

Cara Mengganti Domain Blog Dengan Domain TLD


Apakah kita bisa mengubah domain dari blogspot.com menjadi domain pribadi atau TLD seperti .com .net dan lain lain? Tentunya bisa. Bagaimana cara melakukanya? Semua sudah saya bahas dan tuliskan di bawah ini.

Menyiapkan Domain
Tentunya saat anda ingin mengganti domain dari blogspot menjadi domain tld anda harus membeli domain yang anda inginkan dulu. Anda bisa membelinya melalui jasa hosting dan juga penjualan domain di Indonesia. Banyak sekali penjual domain di Indonesia, bahkan di grup-grup blogger di facebook banyak juga yang berjualan domain dengan harga yang murah bahkan bisa dibayar dengan menggunakan pulsa. Yang perlu anda perahtikan adlaah anda harus membeli domain dari orang atau seller yang sudah terpercaya agar domain anda bisa awet sampai masa kedaluarsanya berakhir. Setelah anda sudah mempunyai domain mari kita lanjut ke tahap berikutnya.

Memasang Domain Ke Blog
Setelah anda memiliki domain yang baru saja anda dapatkan kini saatnya kita memasangnya ke blog kita.
  • Pertama anda pergi dulu ke blogger.com dan masuk ke akun blogger anda.
  • Kemudian anda msuk ke menu setelan, kemudian anda klik dasar nah kemudian anda klik siapkan URL pihak ke 3 pada bagian alamat blog.
  • Kemudian anda masukan nama domain yang tadi sudah anda beli. jangan lupa anda tambahkan juga www pada awalanya
  • Nanti akan muncul notifikasi kesalahan nah anda jangan khawatir kini saatnya kita mengatur dns dari domain yang anda beli tadi supaya terhubung ke blog kalian. Nah kan ada kode-kode kesalahan seprti ghs.google dan lain-lain, kode tersebut anda copy dulu.
Mengatur DNS
  • Tahap terakhir adalah mengatur DNS dari kontrol domain anda. Pertama anda harus pergi dulu ke bagian kontrol domain anda
  • Anda masuk ke halaman pengaturan DNS.
  • Kemudian anda tambahkan kolom DOmain Dengan "www" dan hostname anda isi "ghs.google.com" kemudian record type Cname dan ttl "14400"
  • Anda ulangi langkah diatas dengan memasukan kode-kode kesalahan yang anda copy tadi.
  • Selesai, tinggal menunggu beberapa menit agar blog anda dan domain terhubung.
namun jika anda rumit untuk membuatnya hubungi saja penyedia domain yang anda beli dan minta untuk memasangnya, pengalaman pribadi saya ketika pertama kali membeli saya rumit dengan cara pemasanganya akhirnya saya hubungi penyedia domain tersebut dan meminta untuk memasangnya dengan memberikan email dan sandi blog saya.

Tapi tidak lengkap rasanya kalo saya bikin postingan tidak ada trick gratis hehe
pasti agan-agan juga pengen nyari yang gratis mungkin dengan tujuan dan alasan masing-masing juga ya hehe
baiklah saya kasih tau caranya
pertama dan terakhir ya agan kunjungi halaman resminya Freenom
silahkan agan buat dan pilih domainya yang udah disediain sama situs tersebut

Bagaimana mudah kan? Jika ada yang ingin ditanyakan anda bisa bertanya lewat Komentar.
silahkan dicoba, semoga bermanfaat :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengganti Domain Blog Dengan Domain TLD

0 comments:

Post a Comment