Berbagi cara adalah situs tentang cara membuat suatu akun atau teknik penggunaanya.

Cara Pindah Dari Blogger Ke Wordpress

Memindahkan hosting blog kita dari blogger ke wordpress ini disebut dengan nama Migrasi. Migrasi perlu dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi error 404 page not found pada alamat blog kita ketika dicari di internet. Migrasi disini maksudnya adalah pindah dari hosting blogger ke hosting pribadi kita. Tutorial ini berlaku untuk blog yang sudah memiliki custom domain atau domain sendiri, bukan blog yang masih menggunakan subdomain dari blogger, tujuanya adalah supaya tidak kehilangan traffic ketika nantinya kita migrasi dari blogger ke wordpress. Kita juga harus menyimpan deskripsi blog, kode verifikasi alexa, dan juga google sebelum kita pindah ke wordpress.

Cara Pindah Dari Blogger Ke Wordpress



Lalu bagaimana cara migrasi dari blogger ke wordpress? Berikut di bawah ini sudah saya tuliskan tentang tutorial melakukan migrasi dari blogger ke wordpress dengan mudah dan juga benar.

Melakukan Backup Postingan
  • Masuk ke dashboard
  • Settings atau setelan
  • Kemudian anda pilih "lainya"
  • Selanjutnya anda ekspor blog, dan anda pilih "unduh blog"
Menyewa Hosting
Nah karena kita akan menggunakan hosting pribadi, jadi kita harus menyewa jasa hosting. Anda bisa membelinya dari situs perusahaan hosting yang terkenal atau dari perusahana perorangan. Sebaiknya anda membeli atau menyewa hosting dengan kualitas yang bagus atau tidak asal-asalan, pilih yang memiliki bandwith besar dan kecepatan akses yang super cepat.

Menghubungkan Domain Dengan Hosting
Kemudian setelah itu kita harus menghubungkan atau menyangkutkan domain kita dengan hosting yang kita sewa tadinya. Untuk melakukanya kita harus melakukan pengaturan pada kontrol domain kita dan juga pada hosting. Untuk pengaturan hosting yang bisa melakukanya hanya pemilik dari hosting tersebut atau istilahnya “Root”. Sedangkan untuk mengatur kontrol domain kita bisa melakukanya dengan sendiri asalkan kita yang memegang kontrol domain.

Menginstall Wordpress di cPanel
  • Anda login ke cPanel hosting
  • Kemudian anda isntall Wordpress biasanya terdapat pada softaculous Apps Installer.
  • JIka anda tidak tahu bagaimana cara mengisntall wordpress di cPanel akan saya bahas pada artikel berikutnya saja. Jadi untuk sementara ini anda bisa mencari tutorialnya di internet.
Mensetting Permalink Di Wordpress Kita
Sebelum kita mulai melakukan impor postingan kita, kita harus melakukan pengaturan permalink dulu supaya tidak terjadi error nantinya jika kita membuka blog kita yang sudah migrasi dari blogger ke wordpress.

Impor Postingan Blog

Langkah terakhir adalah mengimpor postingan blogger yang sudah kita backup tadi ke wordpress. Caranya dengan anda harus menginstall dulu plugin Blogger Importer Extended, setelah itu pada bagian wordpress anda pilih tools-> import -> blogger importer extended. Kemudian anda upload file xml yang anda download tadi. Selesai.

Wordpress self hosting terkenal dengan kecanggihanya, namun berbayar tidak saya anjurkan untuk pemula, lebih baik gunakan saja Blogspot yang memang gratis dan gratis sampai kapanpun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Pindah Dari Blogger Ke Wordpress

0 comments:

Post a Comment