Berbagi cara adalah situs tentang cara membuat suatu akun atau teknik penggunaanya.

Cara Menggunakan Google Analytics Di Blog

Pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana memasang google analystics di blog kita. Sebelum kita memasuki tutorilanya, tentunya kita harus mengetahui dulu tentang google analytics tersebut. Apa itu google analytics? Google analytics adalah paltform yang dibuat untuk mengetahui dan juga membantu kita dalam melacak jumlah pengunjung dan juga jumlah pageviews yang ada pada blog kita. Google analytics bisa mengetahui secara persis letak dari pengunjung yang datang ke blog kita. Google analytics juga menjadi tools yang sangat terkenal di kalangan blogger indonesia karena cara pemakainya yang mudah dan juga kita bisa menikmatinya dengan gratis. Tidak heran jika banyak seorang blogger dan juga pelaku bisnis online lainya mengandalkan Google analytics untuk blog atau websitenya.
Cara Menggunakan Google Analytics Di Blog


Google analytics bisa menganalisis pengunjung kita secara real time dan juga bisa lebih detail, berupa jam, waktu, detik di blog kita. Setelah kita mengetahui seputar google analytics, kini saatnya kita mempraktekan tentang cara menggunakan google analytics untuk blog kita.

  • Pertama kita harus menuju ke halaman resmi dari google analytics, silahkan anda klik disini
  • Kemudian pada pojok kanan atas akan terdapat  menu "Access Google Analytic" anda klik pada menu tersebut.
  • Kemudian akan ada menu “Add Website Profile”, anda pilih menu tersebut dengan cara mengkliknya.
  • Kemudian anda klik “Add a Profile for a new domain” Selanjutnya anda masukkan URL atau link dari halaman blog atau website anda pada kotak yang sudahdisediakan > “http://” (misalnya “dakwahmuslimmuda.blogspot.co.id) Selanjutnya anda klik “Continue”.
  • Kemudian akan muncul kode tracking yang ada, nah kode tersebut anda copy dan anda simpan di Notepad.  Terdapat dua kode, yang satu berupa kode yang pendek, diawali UA-. Dan yang satunya lagi adalah kode panjang diawali <script>.

Cara Memasangnya di Blog
Cara memasang kode yang pendek
1. Log in akun Blogger dari blog anda.
2. Pada dashboard, anda klik tab atau menu pengaturan > Lainya.
3. Anda scroll ke bagian bawah maka muncul kolom yang akan kita masukan kode tersebut yaitu"Web Property ID" dan anda masukan kode pendek yang anda dapatkan tersebut.
4. Klik Simpan

Cara Memasang Kode Panjang
Cara ini sedikit ribet dibandingkan dengan cara memasang kode yang pertama
1. Pertama anda Log in ke akun anda
2. Anda pilih Template kemudian kita klik Edit HTML
3. Cari kode </head>, anda bisa menggunakan fitur pencarian yaitu CTRL+F
4. Anda paste kode yang adna dapatkan tersebut diatas kode </head>
5. Klik Simpan Template'

Nah itulah bagaimana cara menggunakan google analytics di blog.
Gampangkan, tapi Rata-rata seorang pemula blog kadang lupa bahkan tidak tahu tentang web master & Google Analytics ini, padahal ini adalah syarat untuk situs kita agar terindex ataupun terdaftar di Google.
Akhirnya seorang pemula blogger apalagi yang ingin blognya dikenal oleh Netizen kadang kandas ditengah jalan karena menyerah dengan blognya yang sama sekali tidak muncul di pencarian Google atau terindex oleh Google.
Mungkin itu saja ilmu dari ane semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan Google Analytics Di Blog

0 comments:

Post a Comment