Berbagi cara adalah situs tentang cara membuat suatu akun atau teknik penggunaanya.

Tips Melakukan Optimasi Blog Dengan Google Webmaster Tools

Jika kita memiliki blog, pastinya kita menginginkan blog kita ramai pengunjung yang datang dari hasil pencarian search engine. Nah untuk bisa mendapatkan itu kita harus melakukan optimasi pada blog kita, kita harus melakukan optimasi seo pada blog kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan optimasi seo pada bloga dalah dengan menggunakan google webmaster tools.
Tips Melakukan Optimasi Blog Dengan Google Webmaster Tools

Google webmaster tools adalah tools yang diberikan gratis oleh google untuk para pemilik web atau blog dalam melakukan optimasi supaya blog atau webnya menjadi semakin baik di mata pencarian google. Nah untuk itu disini akan saya berikan tentang tutorial bagaimana cara melakukan optimasi blog dengan menggunakan google webmaster tools. Bagaimana caranya? silahkan anda simak tutorialnya di bawah ini.

Submit Blog Ke Google Webmaster
Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk melakukan optimasi pada blog adalah dengan cara melakukan submit blog pada google webmaster tools. Dengan begitu google akan lebih mudah mendeteksi blog kita di hasil pencarianya. Lalu bagaimana cara melakukan submit blog pada google webmaster? caranya cukup mudah.


  • Pertama kita pergi dulu ke halaman google webmaster, yaitu http://www.google.com/webmasters kemudian kita harus login ke akun gmail kita.
  • Kemudian anda klik tombol Add Site yang ada di sebelah kanan atas dari halaman google webmaster.
  • Kemudian setelah memasukan alamat blog kita, kita akan mendapatkan kode verifikasi yang harus kita taruh di dalam blog kita. Salah satu cara melakukan verifikasinya adalah dengan cara memasukan kode tersebut di template blog kita.
Contoh saya memverifikasikan yang menurut saya cara yang paling mudah

  • Setelah berada dihalam web master agan pilih tambahkan situs, agan masukan situs agan yang mau agan daftarkan setelah itu klik continue/terus
  • lalu agan akan masuk ke halaman berikutnya seperti di bawah SS nya, pilih Alternate methods

  • Klik HTML tag, akan muncul verifikasi kode, agan copy kodenya tapi ingat jangan dulu di klik Verify ya
  1. setelah agan copy codenya, agan buka Tab baru, Log in ke blog agan.
  2. setelah Log in pergi ke Dashboard, pilih menu template lalu agan pilih edit HTML.
  3. agan cari code <head>  untuk mempermudah gunakan saja CTRL+F.
  4. jika agan sudah menemukanya lalu agan pastekan code yang tadi agan copy tepat dibawah <head>
  5. setelah agan paste lalu agan simpan template.
  6. setelah tersimpan agan kembali kehalaman web master tadi lalu klik Verify.
  7. selesai, selamat kini blog agan telah menjadi keluarga dari Google.
  8. setelah agan mendaftar di web master jangan lupa daftarkan juga di Google Analytics, apa Google Analytics itu dan apa manfaatnya, mari kita bedah di sini.

Submit Artikel Setelah Menulis Ke Google Webmaster
Cara lainya adalah dengan melakukan submit artikel kita ke google webmaster. Usahakan setelah anda berhasil menulis sebuah artikel anda harus langsung mensubmitnya ke google webmaster, Dengan begitu artikel yang baru anda tulis akan terindex dengan cepat oleh google. Lalu bagaimana cara melakukan submit artikel tersebut?

  • Pertama anda pergi dulu kesini
  • Kemudian anda copy link atau url postingan baru anda. Anda paste di kolom yang sudah disediakan oleh google webmaster
  • Centang saya bukan robot, dan terakhir anda klik kirim permintaan. Dengan begitu artikel anda akan terindex dengan cepat.
Menfaatkan Google Crawl
Salah satu fitur dari google webmaster tools adalah adanya google crawls. Supaya blog kita bisa muncul di halaman pencarian google, maka google harus bisa mengakses blog kita dan menyimpan memori cache dari bloganda ke server google. Nah jika google memiliki kendala saat akan mengakses blog anda, anda bisa melihatnya di Google Crawl.

Nah itulah bagaimana cara melakukan optimasi pada blog dengan google webmaster. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Melakukan Optimasi Blog Dengan Google Webmaster Tools

0 comments:

Post a Comment